Kamis, 15 November 2012

Info Bisnis Online


Bisnis internet yang juga dikenal dengan nama bisnis online merupakan trend bisnis yang beberapa kurun waktu terakhir perkembangannya sangat pesat. Hal ini karena pertumbuhan pengguna internet sangat pesat dari tahun ke tahun. Sehingga dengan peningkatan pengguna internet tersebut maka penyediaan dan pelayanan di bidang ini terus meningkat  sehingga para pengguna internet dimanjakan dengan berbagai kemudahan disini.

Kemudahan yang diperoleh tentunya tidak bertumpu hanya pada satu sektor tertentu tapi menyeluruh pada semua sektor. Tidak ada yang tidak bisa kita dapat dari internet. Mulai dari dapur sampai ruang tamu, mulai dari kaki sampai kepala, kantor, sekolah, automotif, dan masih banyak lagi sektor bahkan mungkin ratusan kategori yang semuanya dapat dipenuhi dari internet.

Hanya dengan duduk di depan komputer, bisa di rumah, di kantor, di hotel atau dimanapun itu selama anda dapat mengakses internet anda dapat memesannya untuk memenuhi kebutuhan anda atau bisnis anda, yang dibutuhkan hanya notebook/PC dengan akses internet. Tentunya kemudahan ini menjadi pilihan banyak kalangan.

Dengan interaksi pengguna internet yang yang sangat intensif, menjadikan internet sebagai media bisnis yang sangat efektif. Dengan jumlah pengguna mencapai 1 milyar pengguna di seluruh dunia dan sekitar 20 juta pengguna di Indonesia tentunya menjadi pangsa pasar yang sangat menjanjikan. Tinggal memilih segmen yang akan dimasuki.

Bila anda memiliki sebuah produk yang akan dipasarkan, tentu akan lebih efektif bila memanfaatkan media internet, tinggal anda survey terlebih dahulu, kira-kira berapa jumlah pasar yang meminati produk tersebut. Hal tersebut dapat dapat dilakukan dengan melakukan searching keyword di http://www.google.com/sktool tinggal anda masukan kategori yang anda inginkan maka akan muncul berapa jumlah peminat sektor tersebut.

Setelah mendapat gambaran mengenai calon konsumennya dan telah memutuskan kategori tertentu tinggal anda mempersiapkan media untuk promosi. Media promosi ini bisa bermacam-macam, dapat anda langsung promosikan produk anda di media iklan berbayar atau gratis tanpa anda memiliki website sendiri. Namun cara ini kurang efektif karena anda tidak dapat mendeskripsikan produk anda secara utuh. Ada batasan untuk memasang iklan bila ingin hemat. Akan lebih efektif jika anda memiliki website sendiri. Karena anda dapat mendeskripsikan produk anda secara utuh dan dilengkapi gambar. Tinggal anda mempromosikan website anda (cara cepat meningkatkan pengunjung website).

Jenis bisnis online bermacam-macam, yang saya uraikan di atas hanya gambaran salah satu jenis bisnis online, yaitu menjual produk. Setidaknya ada 9 jenis bisnis yang berlangsung secara online , antara lain menjual produk, PPS (Pay Per Sale), PPC (Pay Per Click), PPL (Pay Per Lead), PPP (Pay Per Play), PPR (Pay Per Review), PTC (Pay To Click), Domain Parking dan Jual Beli Domain (informasi lebih detail lihat jenis bisnis internet). 

Jadi dalam bisnis online tidak hanya menjual produk, jadi bagi anda yang tidak memiliki produk tidak perlu berkecil hati . Masih besar peluang bagi anda untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis internet.

Sebetulnya bisnis internet itu tidak terlalu sulit, yang diperlukan hanya ketekunan dan kreatifitas. Karena anda dapat tidak mengeluarkan modal untuk memulai bisnis internet. Salah satu yang paling trend dalam bisnis internet adalah Program Affiliasi. Program ini prinsipnya anda bekerja sama dengan pihak tertentu untuk ikut menjalannya bisnisnya. Sangat banyak penyedia layanan ini, tinggal anda memilih yang kira-kira cocok. Saran saya anda mulai dari yang gratis dulu untuk sambil belajar dan mengenali sistim ini secara menyeluruh.

Jenis-Jenis Bisnis Internet

Pada dasarnya bisnis internet adalah bisnis informasi. Meskipun yang diperjual belikan adalah suatu barang tapi tetap dikemas dalam bentuk informasi. Karena internet adalah dunia maya yang berisi arus informasi maka setiap bentuk transaksi yang terjadi kembali akan berkaitan dengan pengolahan informasi. Untuk itu kita harus mengetahui bagaimana bentuk-bentuk informasi diolah sehingga kita mengetahui bagaimana uang yang masuk dan keluar dari bisnis ini

Berikut jenis-jenis bisnis internet yang telah berjalan :   

*   Menjual produk.

Produk yang dijual ini bermacam-macam yang penting ada barang yang dijual. Yang sekarang ini marak berkembang adalah ebook. Berbagai jenis ebook yang diperjual belikan, salah satunya adalah cara menghasilkan uang dari internet yang paling marak diperjual belikan dan cara membuat website.
Produk ini begitu marak, khususnya di indonesia karena penggunaan internet di indonesia belum begitu besar, sehingga potensi untuk munculnya pengguna internet tingkat pemula sangat besar, dan merekalah salah satunya menjadi target pasar ebook jenis tersebut.
Seperti yang saya buat dan saya informasikan disini sebetulnya sudah dapat dikategorikan ebook. Di site ini saya mencoba untuk sharing informasi bagi para pengguna pemula mengenai pengenalan terhadap internet dan bisnis internet. Agar ada sedikit gambaran mengenai dunia yang akan dijajaki, agar tidak terlalu bingung dalam menentukan tahapan yang akan dilakukan dan jenis bisnis yang akan digeluti. Karena bila anda masuk ke dalam sebuah situs begitu banyak iklan yang menawarkan cara menghasilkan uang, tapi kita belum tahu kira-kira mana yang cocok dan sesuai dengan kondisi yang ada.
 *  PPS (Pay Per Sale)
PPS adalah bagian dari program affiliasi. Program ini sering juga disebut reseller atau accosiates program. Pada prinsipnya anda akan dibayar berdasarkan barang yang terjual, biasanya komisinya berkisar 5% - 30% tergantung perjanjiannya. Komisi yang akan anda terima bergantung kepada hasil penjualan anda.
 *  PPC (Pay Per Click)
PPC juga salah satu program affiliate. Jadi sesuai namanya dibayar setelah klik, anda akan mendapat bayaran jika ada orang yang mengklik iklan di website saudara. Kenapa kita dibayar? Karena kita berjasa dalam mengantarkan konsumen ke site pengiklan sehingga kita dapat jasa dari si pengiklan.
 *  PPL (Pay Per Lead) 
Sering disebut juga pay per-action. Jadi kita akan mendapatkan bayaran atas tindakan  tertentu yang dilakukan si pengunjung yang diantarkan oleh kita ke site si pengiklan.
Ada yang membayar atas jumlah data yang didaftarkan oleh si pengunjung, ada yang membayar atas sejumlah download software dan atau mendownload file pada site penyedia program. Satu profil tertentu yang terdiri dari sejumlah perilaku disebut lead.
Bayarannya sekitar $0.05 sampai puluhan perlead.
*  Pay Per Play
Adalah suatu iklan yang mewajibkan kita menayangkan iklan audio ads selama 5 detik. Yang dipasang oleh para pengiklan berdasarkan interest tertentu dan lokasi tertentu. Kita akan dibayar berdasarkan sejumlah iklan yang didengarkan oleh pengunjung.
*  Pay Per Review
Penyelenggara program ini membayar kita untuk meriview atau mengulas suatu produk atau website tertentu. Dengan banyaknya review mereka akan semakin terkenal dan semakin banyak dikunjungi. Bayaran akan diterima apabila si penyelengara menyetujui review kita.
Bayarannya sekitar $10 - $50 per review tergantung penyelenggaranya.
 *  PTC (Pay To Click)
PTC adalah program di internet yang membayar orang untuk mengklik iklan dan membacanya selama 20 – 30 detik. Jadi kita tinggal klik dan menunggu. Kita dibayar untuk mengklik.
Kita dibayar oleh penyelenggara karena kita telah mengklik iklan yang disediakan oleh penyelenggara dan dibayar oleh pemasang iklan.
Bayaran dari bisnis ini tidak terlalu besar. Tarifnya rata-rata 0.01 perklik.
*  Domain Parking
Domain Parking adalah jenis bisnis internet yang menempatkan domain (nama website) kita di penyelenggara domain parking.  Artinya domain kita akan dikelola oleh penyelenggara domain parking. Jadi apabila kita masuk ke domain kita maka akan ditampilkan situs yang  telah disediakan oleh mereka. Iklan yang ditampilkan sesuai dengan nama domain kita, misalnya software.com maka yang ditampilkan iklan software, dan apaila ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut kita akan mendapat bayaran.
Bayarannya berkisar antara 0.05 – 0.15 dollar per klik. Bila ada 100 yang mengklik perhari berapa yang anda dapat sebulan...???
 
Program Affiliasi

Program affiliasi adalah program kerjasama, yaitu kita bekerja sama dengan penyedia program untuk melakukan pekerjaan yang disediakan oleh penyedia program. Program ini merupakan salah satu pola bisnis di internet.

Program affiliasi ini merupakan bisnis internet yang paling diminati oleh pengguna internet. Karena pola kerja yang tidak sulit. Kita hanya perlu mengantarkan pengunjung ke tempat/website penyedia program dan melakukan sesuatu yang disepakati atau kita memasang iklan penyedia program di website kita. Jadi sangat sederhana.

Komisi akan kita dapatkan tergantung pada jenis bisnis internetnya, bila PPC berarti setiap klik kita akan dibayar atau bila pengunjung yang kita antarkan ke penyedia program melakukan hal yang ditentukan, misalnya membeli barang (Pay Per Sale) atau melakukan pendaftaran suatu program (PPL).

Misalnya program affiliasi reseller produk. Kita tinggal memasang iklan produk tersebut di website kita, lalu bila ada pengunjung yang datang ke website kita dan meng-klik iklan tersebut maka otomatis pengunjung akan diantarkan ke website penyedia program. Dan bila pengunjung tersebut membeli barang, maka kita akan dapat komisi.

Lain lagi dengan program affiliasi Pay Per Click. Kita tinggal memasang iklan produk tersebut di website kita, lalu bila ada pengunjung yang datang ke website kita dan meng-klik iklan tersebut maka kita akan dapat komisi.

Sedangkan program Pay Per Lead, kita tinggal mengantarkan pengunjung ke penyedia program, ketika pengunjung melakukan pendaftaran atau melakukan tindakan yang disyaratkan maka kita akan mendapat komisi.

Internet Marketing
Internet marketing atau pemasaran internet yaitu upaya memasarkan produk anda melalui internet. Seperti disebutkan di atas, bisnis internet adalah bisnis informasi sehingga kekuatan pemasaran anda akan terletak pada menyusun iklan yang akan mempromosikan produk anda. Semakin menarik iklan anda di mata pengunjung semakin besar peluang anda menjual produk. Cara-cara promosi lebih rinci akan diuraikan di bagian ketiga.

Alat Pembayaran (E-Currency) 
Wikipedia mendefinisikan e-currency sebagai: mata uang elektronik yang digunakan untuk keperluan transaksi elektronik sebagai pengganti mata uang konvensional. Istilah lain yang sering digunakan untuk e-currency yaitu:e-money, electronic cash, digital cash, digital currency, payment processor, dll. Mata uang yang umum digunakan yaitu Dolar Amerika. Ada pula diantaranya yang menggunakan Euro, Foundsterling atau logam mulia seperti emas dan perak. Layanan e-currency dikelola oleh sebuah jaringan situs di internet dengan nama yang berbeda-beda. Misalnya: Paypal, Liberty Reserve, E-Gold, C-Gold, WebMoney, AlertPay, dan masih banyak lagi situs penyedia e-currency.

 Seperti layaknya mata uang dalam kehidupan sehari-hari (mata uang konvensional); ecurrency bisa digunaka untuk berbagai keperluan khususnya menyangkut pembayaran transaksi di dunia maya. Umumnya orang menggunakan e-currency untuk mempermudah pembayaran saat melakukan aktivitas yang membutuhkan pertukaran mata uang, misalnya saat berbelanja di tiki online, membeli item tertentu di sebuah situs, transfer uang ke rekening pihak lain, tabungan, transaksi pada bisnis online dan sebagainya. Keberadaan e-currency telah diakui sejak lama dan diterima sebagai mata uang yang syah pada banyak situs. Hal ini karena kemudahannya yang membuat pengguna lebih tertarik memakai e-currency dibanding cara lain untuk bertransaksi online.

Alat pembayaran di internet bermacam-macam bisa menggunakan check, transfer antar bank, kartu kredit dan PayPal. Namun yang paling banyak digunakan adalah check, kartu kredit, dan PayPal. Paypal adalah kartu kredit dunia maya, merupakan rekening Anda di internet. PayPal bisa untuk menyedia pembayaran untuk membeli barang, menerima dana dan penyedia afiliasi atau dari pihak lain sepeti tabungan di bank.
Selain PayPal ada beberapa e-currency yang digunakan dalam pembayaran di bisnis internet, antara lain Liberty Reserve, AlertPay, Money Booker, Perfect Money, dll.

Dari beberapa e-currency tersebut yang sering digunakan adalah PayPal, Liberty Reserve, dan AlertPay.
Oh ya Guys....perlu diingat, ada beberapa e-currency yang account numbernya memakai alamat e-mail. contohnya seperti PayPal dan AlertPay. 

Saran saya, bedakan alamat e-mail yang akan Anda gunakan untuk account number e-currency Anda dengan alamat e-mail yang Anda gunakan sehari-hari. Lebih bagus untuk alamat e-mail yang Anda gunakan Gmail. kenapa??? supaya lebih aman and savety hehehe sama aja tuh aman and savety hehehe...
Apakah Sis and Bro sudah punya account PayPal, Liberty Reserve, AlertPay dan e-currency yang lain????

Di artikel berikutnya  saya share bagaimana cara buka account di PayPal, Liberty Reserve, AlertPay dan yang lainnya.
Untuk  Buka Account PayPal, silahkan KLIK DISINI
Untuk  Buka Account Liberty Reserve, silahkan KLIK DISINI
 Untuk  Buka Account AlertPay, silahkan KLIK DISINI
Untuk  Buka Account Perfect Money, silahkan KLIK DISINI

Oh ya Guys...syah-syah saja kita mengikuti banyak bisnis online yang ada di internet, sepanjang bisnis yang kita ikuti itu menguntungkan kita dan syukur-syukur pendaftarannya GRATIS, cos tidak perlu merogoh kocek kita hehehehe... 
Yang perlu diingat...INGAT-INGAT!!! Thing....hehehe...kita perlu buat File dalam Excel untuk mendata bisnis online apa aja yang kita ikuti, yang perlu Sis and Bro catat, yaitu nama bisnisnya, URL / Link Referral  (website), User ID, Password, & e-mail yang digunakan. So kalo kita lupa password or user ID kita tinggal mengintip ke file kita. Sssssttt......Jangan sampai ketahuan yang lain ya....hehehehe....

Gimana Guys....sudah jelas???? kalo mau langsung praktek --------> langsung aja buka artikelku selanjutnya yaa....

Guys...untuk mendapatkan up-date dari posting saya, FOLLOW THIS BLOG ya...secara otomatis up-date postingku akan langsung terkirim ke e-mail pribadimu ok, oh ya..jangan lupa di REVIEW juga ya..kasih Comment-comment  gitu,  dan juga di share ke teman-teman ya...siapa tahu mereka membutuhkan info ini ok guys.....thank you...chi siek...matursuwun...hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar".

Freelance Jobs
The Best Traffic Exchange